Pengaruh Pemberian Oscillasi Dengan Theraband Exercise pada Penerapan Ultrasound terhadap Peningkatan Aktivitas Fungsional Penderita Osteoarthritis Knee

Penulis

  • Hasbiah Jurusan Fisioterapi, Politeknik Kesehatan Makassar, Indonesia
  • Muh. Thahir
  • Eka Putri Ramadhani

Abstrak

Tujuan: Untuk mengetahui adanya Pengaruh Pemberian Oscillasi dengan Theraband Exercise pada Penerapan Ultrasound Terhadap Peningkatan Aktivitas Fungsional Penderita Osteoarthritis Knee.

Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan cara pengumpulan data melalui pre test post test two group design . Penelitian ini dilaksanakan di RS Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Jumlah populasi sebanyak 16, dimana 14 orang diambil sebagai sampel yang dibagi menjadi dua kelompok perlakuan, kelompok I diberikan perlakuan Ultrasound dan Oscillasi dan kelompok II diberikan perlakuan  Ultrasound dan Theraband Exercise

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan nilai aktivitas fungsional knee sebelum dan sesudah pemberian Ultrasound dan Oscillasi dengan selisih rata-rata 28.857±10.463 dengan hasil uji wilcoxon p=0,018(p<0,05). Sedangkan pada pemberian Ultrasound dan Theraband Exercise selisih rata-rata 40.86±3.716 dengan uji wilcoxon p=0,018(p=<0,05). Pada hasi uji Mann-whitney Test diperoleh nilai p=0,025(p<0,05) yang berarti ada perbedaan yang signifikan antar kedua kelompok terhadap peningkatan aktivitas fungsional knee.

Kesimpulan : Pemberian dengan Ultrasound dan Theraband Exercise mempunyai pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan dengan pemberian Ultrasound dan Oscillasi terhadap peningkatan aktivitas fungsional penderita osteoarthritis knee.

Referensi

Akbar, H dan Santoso, 2019. Faktor Risiko Kejadian Osteoarthritis Lutut Di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol. 9 No. 2.

Ismaningsih, dkk, 2018. Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Kasus Osteoarthrisis Genue Bilateral Dengan Intervensi Neuromuskuler Teping Dan Strenghtening Exercise Untuk meningkatkan Kapasitas Fungsional. Jurnal Ilmiah Fisioterapi (JIF) Vol. 1 No. 2.

Kisner, Carolyn. Lynn Allen Colby. (2014). Therapeutic Exercise Foundations and Techniques.Sixth Edition Vol 1.Philadelphia: F. A Davis Company.

Pratama, 2019. Intervensi Fisioterapi pada Kasus Osteoarthritis Genu di RSPAD Gatot Soebroto. Jurnal Sosial Humaniora Terapan. Vol. 1 No. 2.

Suriani, S., Lesmana, S.I. 2013 Latihan “Theraband” Lebih Baik Menurunkan Nyeri Daripada Latihan Quadricep Bench Pada Osteoarthritis Genu. Jurnal Fisioterapi. Vol. 13 No. 1 p. 46-54.

Susan L M., James W B., Thomas P N J. 2012. Modalities For Therapeutic Intervention. Fifth dan Sixt Edition. United States of America: Philadelphia.

Wahyuni & Zakaria, 2021. Pengaruh Penguatan Latihan Dengan Elastic Band Dalam Meningkatkan Kemampuan Pasien Osteoarthritis Knee Di Rumah Sakit Condong Catur Sleman. Jurnal Fisiomu. Vol 2(2): 89-94.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-06

Terbitan

Bagian

Articles