Kuis Daring Blok Manual Terapi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Sarjana Fisioterapi FK Unud

Kuis Daring dan Motivasi Belajar

Penulis

  • Made Hendra Satria Nugraha Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Anak Agung Gede Angga Puspa Negara Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Ni Wayan Tianing Departemen Biokimia, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • I Made Niko Winaya Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Kata Kunci:

kuis daring, manual terapi, motivasi belajar, sarjana fisioterapi

Abstrak

Efektivitas pembelajaran menjadi hal terpenting dalam pelaksanaan sistem pendidikan sehingga tercapai kualitas pembelajaran yang baik. Suatu tindakan perbaikan kualitas pembelajaran dibutuhkan untuk dapat meningkatkan efektivitas dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman mahasiswa terhadap suatu konsep pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan pemberian intervensi berupa kuis daring blok manual terapi. Kuis daring diberikan setiap pelaksanaan tugas mandiri (individual learning) melalui menu E-learning Smart and Elegant of Udayana (ELSEU) yang difasilitasi melalui Integrated Management Information System, the Strategic of Unud (IMISSU). Selain itu, dilakukan pula uji validitas dan reliabilitas pada item-item kuesioner yang berkaitan dengan motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kuesioner motivasi belajar adalah valid dan reliabel. Sementara, penerapan kuis daring efektif dalam meningkatkan motivasi belajar blok manual terapi pada mahasiswa program studi sarjana fisioterapi FK Unud.

Referensi

Fauziah, A. Rosnaningsih, A. dan Azhar, S. 2017. Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD. 4(1)

Khodijah, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kurniawan, E. Suyadi, D. Karsono, R. 2012. Efektifitas Sistem Pembelajaran Blok Tri Wulan pada Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Bangunan SMKN 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil. 1(2)

PS Fisioterapi FK Unud. Buku Kurikulum Sarjana Fisioterapi FK Unud. 2018. Denpasar: Program Studi Fisioterapi FK Unud

Prasetyo, NY dan Yoto. 2016. Persepsi Mahasiswa terhadap Efektifitas Pembelajaran Dengan Sistem Blok Matakuliah Praktikum Pada Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Jurnal Teknik Mesin. 24 (2)

Pratiwi, W. Yamtinah, S. dan Redjeki, T. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di Kelas XI IPA 2 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia. 5(1)

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali

Simarmata, GE. Lestari, DR. Setiawan, H. 2015. Mekanisme Koping dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Sistem Pembelajaran Blok Angkatan 2013. DK. 3(1)

Uno, H.B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-29

Terbitan

Bagian

Articles